新 : Pengalaman Tes JLPT Pertama & Pengambilan Sertifikat

1 min read

Pengalaman Tes JLPT Pertama & Pengambilan Sertifikat

Kali ini aku cuma mau bercerita tentang Pengalaman Tes JLPT Pertama & Pengambilan Sertifikat yang aku lakukan di tahun 2019 ini.

Pengalaman Tes JLPT Pertama & Pengambilan Sertifikat
Pengalaman Tes JLPT Pertama & Pengambilan Sertifikat

Sebelum Aku bercerita tentang pengalaman lengkapnya, Aku mau cerita dulu tentang sejak kapan Aku mengenal Jepang dan Bahasa Jepang, dan mengapa Aku jadi serius belajar bahasa Jepang.

Awal Mula Mengenal Bahasa dan Budaya Jepang

Pertemuan Aku dengan Bahasa Jepang adalah ketika Aku berada di kelas 3 SMP yang kurang lebih di tahun 2012 (lama banget). Aku pertama kali dikenalkan oleh temanku yang sudah suka musik jepang terlebih dahulu.

Temanku tersebut mengenalkan Aku dengan musik Japanese Rock dan Visual Kei. Dulu masih jaman nya hp nokia dengan bluetooth, jadi kami saling kirim file berupa musik ataupun video clip band band visual kei seperti the GazettE, L’Arc~en~Ciel dan beberapa band lain.

Entah mengapa, aku juga menyukai musik tersebut sampek akhirnya nyari nyari sendiri lagu lagunya, dulu masih zaman nya nyari file di 4shared wkwk.

Setelah itu aku mulai mengenal idol, anime, manga dan bahasa Jepang.

Belajar Bahasa Jepang Serius

Meski sudah kenal jejepangan lumayan lama, namun aku baru serius tertarik dan belajar bahasa Jepang adalah ketika aku sudah lulus SMK dan merantau ke Surabaya.

Entah mengapa, asik sekali belajar bahasa Jepang, meskipun kadang pusing juga dengan kanjinya wkwk.

Bahkan aku membuat jurnal pembelajaranku di blog, yang saat ini kadang masih aku update dengan review anime yaitu Bahasa Jepang Asik.

Mencoba Tes JLPT

Di tahun 2019, aku merasa tertantang ingin mencoba untuk tes JLPT, Alhamdhulillah sudah punya penghasilan sendiri dan kebetulan juga tempat tes nya ada di UNESA (Universitas Negeri Surabaya).

Untuk informasi saja JLPT ada 5 Level, mulai dari N5 sampai N1.

Dan saat tes pertama kali kemarin, aku mengambil N4, dan melawati level N5 wkwk. Pengen nya sih N3 tapi belum PD waktu itu, ya udah ambil N4 saja.

Dan Alhamdhulillah lulus dengan nilai yang cukup memuaskan.

Pengambilan Sertifikat

Setelah tau hasilnya lulus, aku pun menunggu informasi tentang pengambilan sertifikatnya, dan emailpun datang.

Aku pun mengambil sertifikat tersebut di UNESA, betapa bahagia dan bangga aku ketika itu. Bahwa aku bisa lulus N4 meskipun belum pernah kursus di tempat manapun, hanya belajar secara otodidak dari berbagai sumber.

Berikut ini adalah foto sertifikatnya.

Sertifikat N4 Muhammad Maulana Ahsan
Sertifikat N4 Muhammad Maulana Ahsan

Next Journey

Nah setelah itu, aku mengambil tes lagi untuk tahap 2 di tahun 2019. Kali ini mengambil Level N3 😀 dan mengejutkan sekali wkwk (Akan aku bahas di post selanjutnya)

Blog ini kebanyakan hanyalah tulisan pengalaman dan journey kehidupanku saja, meskipun kadang juga ada hal yang bermanfaat hehe.