Mindset Menjalani Hidup

3 min read

Mindset Menjalani Hidup
Mindset Menjalani Hidup
Mindset Menjalani Hidup

Bismillah, kali ini saya mau menulis sebuah artikel yang sangat related dengan kehidupan saya dan mungkin juga akan nyambung dengan kehidupan Anda.

Mindset Menjalani Hidup

Tujuan saya menulis hal ini secara khusus untuk mengingatkan diri saya secara pribadi agar tidak mudah puas dengan ilmu yang didapat, dan secara umum adalah untuk mengingatkan semua pembaca dari blog saya ini.

Mungkin tulisan ini tidak akan panjang, karena saya hanya akan memaparkan beberapa aspek saja, semoga saja tulisan singkat saya ini dapat bermanfaat untuk Anda yang membaca artikel ini.

Bahaya Berhenti Belajar

Jangan Berhenti Belajar, Semua Butuh Proses
Jangan Berhenti Belajar

Pertama tama, saya mau memberikan informasi kepada Anda tentang bahaya nya merasa sudah pintar dan berhenti untuk belajar.

Orang yang memiliki ilmu, biasanya tidak akan puas dengan keilmuang yang dimiliki nya, karena dia tau bahwa masih banyak ilmu yang belum dia ketahui daripada yang sudah dia ketahui. Sebaliknya, orang yang memiliki sedikit ilmu kadang merasa sudah menguasai suatu bidang keilmuan sehingga membuat dia berhenti belajar.

Apa sih bahaya nya ?

Di dunia ini, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, sebuah ilmu cepat sekali mengalami perubahan.

Sehingga jika kita merasa puas dengan ilmu yang kita kuasai saat ini, dan malas untuk belajar lagi, otomatis kita akan tertinggal jauh dari orang lain yang terus belajar, dan lama kelamaan ilmu yang kita miliki akan usang sehingga tidak lagi related.

Saat itulah kita baru sadar dan pusing, karena tidak siap dengan keadaan itu dan malas untuk belajar lagi dari awal.

Contoh sederhana nya adalah duni internet marketing, misalnya SEO (Search engine optimization).

SEO saat ini sangat pesat sekali perubahan dan pembaruan nya, bagi orang yang malas belajar update nya maka akan tertinggal.

Lama kelamaan website yang dimiliki juga akan turun, tergantikan oleh website lain.

Disaat itulah baru pusing karena website nya hilang, tidak punya back up, dan malas belajar.

Jangan Lupakan Action

Setelah belajar, jangan lupakan yang namanya Action.

Karena banyak sekali yang terjebak disini, berhenti sampai belajar saja namun enggan untuk mempraktekkan.

Saya juga mengalami hal ini, hal yang sangat umum dilakukan oleh banyak orang hehe. Terlalu asik dalam belajar, sampai lupa atau bahkan malas untuk mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.

Belajar tanpa Action itu tidak akan membuat hidup kita berubah menjadi lebih baik.

Misalnya kita telah belajar SEO dari seorang yang sangat sakti, dan kita menguasai tentang apa yang telah diajarkan, namun kita tidak Action untuk membuat website, mengisi konten, dan lain lain sesuai yang kita pelajari.

Maka niscaya kita tidak akan mendapat hasil yang kita inginkan, bagaimana mau muncul di halaman 1 google, kalau action bikin website saja tidak mau.

Action inilah yang akan membuat kita berbeda dengan kebanyakan orang, yang suka banget belajar namun minim di action. Nasehat ini juga saya tujukan untuk diri saya.

Semua Butuh Proses

Yang tidak kalah penting dalam menjalani hidup adalah, mindset kita tentang keberhasilan harus benar.

Generasi saat ini sering disebut generasi micin, yang menginginkan segala sesuatu dengan instant tanpa mau menjalani prosesnya.

Semua orang sukses yang saya kenal dan saya tau, mereka semua menjalani hidup dengan penuh tantangan dan hambatan, semua dilewati dengan keyakinan bulat kepada Tuhan bahwa di masa depan dia akan berhasil.

Namun kadang sisi susah nya ini tidak dilihat oleh orang lain, yang diketahui hanyalah keberhasilan yang telah diraih, padahal proses yang dialami sangatlah panjang sampai dia menemukan kesuksesan tersebut.

Bagi Anda yang beragama islam, saya mau embed satu video bagus tentang proses, bagi Anda yang non muslim bisa skip bagian video ini.


Kegagalan Adalah Hal Biasa

Dalam menjalani proses kehidupan, tentu saja kita akan mengalami yang namanya kegagalan, karena semua orang memiliki jatah gagalnya masing masing.

Saat hal itu terjadi kepada kita, maka yakinlah bahwa semua orang juga mengalami kegagalan, maka kita tidak akan merasa menjadi manusia yang paling sial di muka bumi.

Semua orang memiliki jatah gagalnya masing masing, jadi jangan bersedih ketika gagal tapi belajarlah dari kegagalan tersebut agar perjalanan ke depan makin baik dan tidak mengulangi kegagalan tersebut.

Saya mau mengutip satu quote dari anime Higurashi no Naku Koro ni, yang related dengan tema ini.

Hidup adalah Proses Trial and Error

Jaman nya “Kolaborasi” bukan “Kompetisi”

Namun, tidak semua ilmu harus kita kuasai, usahakan kita fokus di satu bidang ilmu yang ingin kita perdalam. Sisanya bisa kita pelajari sebagai pengetahuan saja, tidak perlu sampai mendalam.

Lalu jika ingin mengerjakan hal yang tidak kuasai, ber partner lah dengan orang lain.

Kolaborasi dengan orang yang mengerti tentang hal yang ingin anda kerjakan, misalnya saya mengerjakan jasa pembuatan aplikasi android, jasa aplikasi web base dan jasa pembuatan website bekerja sama dengan teman saya yang sudah mendalami bidang programming.

Meski dulu saya juga pernah belajar programming, namun saya tidak menguasai bidang tersebut, jadi lebih baik saya ber mitra dengan teman saya yang lebih mengerti.

Penutup

Poin poin yang saya sampaikan disini adalah rangkuman dari apa yang saya pelajari, jika ada yang kurang pas atau ada masukan kepada saya, silahkan komentar dibawah.

Saya sangat menghargai pendapat Anda, dan saya juga berharap ada masukan yang baik lagi.

Semoga artikel saya tentang Mindset Menjalani Hidup ini bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa di konten KISEKI selanjutnya.