Langkah Melawan Kemustahilan dan Menjemput Keajaiban

3 min read

Langkah Melawan Kemustahilan & Menjemput Keajaiban
Langkah Melawan Kemustahilan & Menjemput Keajaiban
Langkah Melawan Kemustahilan & Menjemput Keajaiban

Masalah saya sangat besar, sampai saya tidak kuat menghadapinya.

Begitulah ungkapan orang yang sedang tertimpa masalah, apalagi masalah yang sangat besar dan berat. Seolah kita tidak akan mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Namun saya sangat meyakini dengan yang namanya Keajaiban, dan bahkan saya membuat blog ini dengan nama KISEKI, merupakan kata dari Bahasa Jepang yang memiliki makna KEAJAIBAN.

Karena sebenarnya banyak dari kita mengalami sebuah keajaiban dalam hidup ini, namun tidak semua orang menyadarinya.

Saya pribadi mengalami banyak keajaiban yang mengubah hidup saya, makanya saya sangat suka dengan kata kiseki ini, karena saya juga sedang belajar bahasa jepang.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mau share sebuah rangkuman dari buku Melawan Kemustahilan, namun bukan rangkuman secara lengkap, hanya poin yang ingin saya sampaikan saja, Tulisan ini saya beri judul Langkah Melawan Kemustahilan dan Menjemput Keajaiban.

Semoga tulisan singkat kali ini dapat bermanfaat 🙂

Review Buku Melawan Kemustahilan by Dewa Eka Prayoga

Buku Melawan Kemustahilan Dewa Eka Prayoga
Buku Melawan Kemustahilan Dewa Eka Prayoga

Pertama, niat awal menulis artikel ini adalah ketika selesai membaca buku yang ditulis oleh seorang pengusaha dan internet marketer di Indonesia yaitu kang Dewa Eka Prayoga, yaitu buku Melawan Kemustahilan.

Dalam buku ini kang dewa bercerita tentang banyak hal yang beliau alami selama hidupnya, mulai dari terlilit kerugian sebesar 7,7 milyar rupiah ke investor.

Dikarenakan bermitra dengan seorang teman yang tidak amanah, namun akhirnya beliau mampu melunasi dan menyelesaikan semua hutangnya hanya dalam waktu 5 tahun saja.

Tidak hanya sampai situ, ternyata ujian beliau masih ada yang lebih berat, yaitu beliau menderita penyakit langka, yang di Indonesia hanya ada sekitar 100 an orang saja yang di deteksi mengidap penyakit tersebut.

Penyakit nya adalah GBS (Guillain Barre Syndrome), yang membuat kang dewa lumpuh seluruh tubuh dan hanya mampu berkedip saja.

Sampai istri beliau sempat pamit kepada rekan rekan kang dewa karena dirasa kondisi sudah kritis. Namun dengan Kuasa Allah, beliau diberikan kesempatan kedua untuk menjalani kehidupan.

Kata dokter, paling tidak kang dewa membutuhkan waktu 2 tahun sampai pulih dan dapat berjalan seperti semula, namun dengan kegigihan latihan yang konsisten dan tanpa malas.

Hanya dalam waktu beberapa bulan saja kang dewa sudah mampu berbicara dan sekarang sudah 100% pulih.

Langkah Melawan Kemustahilan dan Menjemput Keajaiban

Nah secara singkat saya akan menulis beberapa langkah yang ada di buku tersebut, sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Terus Bergerak

Pertama yang harus dilakukan ketika mengalami masalah dalam hidup, sebesar apapun masalah tersebut adalah Terus bergerak.

Bergerak disini maksudnya adalah ikhtiar.

Karena saat terpuruk, kondisi seseorang akan sangat depresi sampai sampai malu dan tidak ingin ketemu saiapapun, dan disana lah mulai membuat pembenaran untuk kegagalan nya.

Pembenaran untuk mengurung diri dari masyarakat, berhenti action dan bahkan kemungkinan terburuknya adalah bunuh diri.

Nah disaat tersebutlah kita harus tetap ber ikhtiar, apapun ikhtiar tersebut, yang mampu kita lakukan.

Dalam buku disebutkan cerita tentang Syaidati Hajar, istri nabi Ibrahim As.

Yang kala itu ditinggalkan oleh nabi Ibrahim di padang pasir nan tandus mekkah karena perintah Allah.

Dan kala itu bayi beliau yaitu nabi Ismail As merasa kehausan, dan disana tidak ada air sama sekali. Akhirnya yang dilakukan oleh beliau adalah melangkah dan mencari mata air dari bukit safa ke bukit marwah sampai 7 kali.

Dan Allah berikan solusi setelai beliau ber ikhtiar maksimal, yaitu sumber mata air dari hentakan kaki nabu Ismail, yang mata airnya sampai sekarang tidak berhenti yaitu air Zam zam di Mekkah, Arab saudi.

Solusi Itu Dekat

Selanjutnya yang dibahas adalah, solusi itu dekat.

Apa maksudnya ?

Maksudnya adalah saat kita sedang mengalami masalah, sering tidak sadar bahwa sebenarnya solusinya itu sudah ada di dekat kita, namun kita tidak menyadari solusi tersebut.

Dalam buku ini disebut materi “Tongkat Musa” yang ceritanya akan saya bahas di bab selanjutnya.

Yakin Kepada Tuhan

Hal ini juga sangat penting dilakukan, dan tidak boleh dilewatkan.

Sebesar apapun masalah yang kita alami, yakinlah Allah memberikan solusi yang terbaik untuk kita.

Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuan hamba tersebut. Maka tetap jaga prasangka baik kita kepada Allah.

Diceritakan di dalam buku itu, kisah nabi Musa As dan bani israil yang sedang dikejar oleh fir’aun dan bala tentaranya.

Sampai pada akhirnya pasukan nabi Musa terhalang oleh laur merah, dan tentara fir’aun hampir menyusul mereka dari belakang.

Bani israil sudah ketakutan dan khawatir akan terkejar, namun kata nabi musa dengan penuh keyakinan adalah “Tuhanku Bersamaku“.

Disitulah akhirnya Allah berikan solusi yang sangat dekat, yaitu pukulkan tongkat ke laut. Dan laut pun terbelah sehingga pasukan nabi Musa bisa menyebrang, dan Allah tenggelamkan fir’aun dan pasukan nya di laut merah.

Karena keyakinan nabi Musa, Allah berikan mu’jizat yang hanya butuh ikhtiar yang sederhana, dan hal itu juga sangat dekat. Karena tongkat tersebut sudah ada bersama nabi musa sejak awal.

Lulus Small Test

Apa yang dimaksud lulus small test ?

Kadang saat kita ingin berubah menjadi lebih baik, dan di proses tersebut kadang kita diberikan ujian kecil oleh Allah.

Misalnya dalam keadaan kita kesulitan uang, eh tiba tiba ada orang yang membutuhkan yang meminta bantuan kepada kita, disitulah momen yang paling tepat kita untuk membantu.

Namun kita tau, hal itu sangtlah berat, namun jika kita mampu melaluinya InsyaaAllah akan ada keajaiban dan jalan yang terbaik.

Total Bergantung

Hal yang terakhir saya bahas adalah total bergantung, disinilah kita tidak boleh berharap kepada siapapun dan apapun, selain pengharapan tulus kepada Allah.

Karena hanya Allah saja yang tidak akan pernah mengecewakan kita, Dia tau yang terbaik untuk kita yang bahkan kita sendiri tidak tau.

Kadang iktiar kita tidak membuahkan hasil yang sesuai kita inginkan, saat hal itu terjadi, kita tidak boleh kehilangan keyakinan dan prasangka baik kepada Allah, karena Allah pasti tau apa yang terbaik untuk kita.

Rencana Allah pasti lebih indah dari rencana kita.

Tetap maksimal dalam ikhtiar namun total bergantung apapun yang terjadi kepada hidup kita.

Sekian rangkuman dari KISEKI ini tentang Langkah Melawan Kemustahilan dan Menjemput Keajaiban, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.