Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat

3 min read

Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat
Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat
via enciety.co

Saya ingin menguasai sebuah bahasa, tapi bingung bagaimana cara belajarnya.

Jika Anda merasakan hal diatas, maka postingan ini sangat cocok untuk Anda, karena saya akan membagikan Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat.

Teknik ini yang saya lakukan dalam belajar sebuah bahasa baru, yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya.

Dan teknik ini terbukti membuat saya lebih cepat dalam menguasai bahasa tersebut, daripada menggunakan kurikulum formal, yang cenderung membuat saya bingung karena diharuskan menghafal banyak rumus bahasa.

Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat

Dengan cara yang akan saya share ini, pastinya Anda akan bisa lebih cepat menguasai bahasa yang sedang anda pelajari.

Kesalahan yang sering terjadi saat ini adalah belajr bahasa, penuh dengan teori dan minim praktek. Sedangkan ilmu bahasa itu seperti olah raga, yang memerlukan banyak praktek daripada teori.

Orang belajar berenang dengan banyak praktek, bukan dengan membaca buku cara berenang.

Anda akan mampu menguasai bahasa thailand dengan sendirinya, jika Anda tinggal di thailand karena kemampuan dasar manusia akan beradaptasi dengan lingkungan.

Berbeda jika Anda belajar bahasa thailand dengan kurikulum umum dan minim praktek, bisa jadi anda sudah belajar bertahun tahun, namun tidak bisa mengimplementasikan apa yang anda pelajari selama ini.

Hal ini terjadi saat ini, sejak SD murid belajar bahasa inggris, namun saat sudah lulus SMA murid tersebut masih tidak bisa menggunakan bahasa inggrisnya secara maksimal. Bisa sih tapi pasif.

Nah, langsung saja ke inti dari artikel ini, berikut adalah tips tips nya

Pertama, Sukai Dulu Bahasanya

Nah, sebelum Anda belajar lebih jauh tentang sebuah bidang keilmuan (termasuk ilmu bahasa) maka saya sarankan untuk Anda, sukai dulu ilmunya.

Karena jika Anda menyukai sebuah ilmu, maka akan sangat jarang mengalami rasa malas dalam belajar, karena memiliki kesenangan tersendiri saat belajar ilmu yang kita sukai.

Rasa suka dan enjoy akan membangun semangat yang tinggi dan pantang menyerah dalam belajar.

Dan Anda tidak akan terbebani meskipun proses belajar berlangsung ber jam jam, bahkan sampai begadang.

Yang penting yang sedang dipelajari endingnya dikuasai, maka tidak masalah begadang, semua akan terasa memuaskan.

Seperti halnya Saya (Ahsan), saya suka belajar bahasa Jepang. Maka saya akan bersedia begadang demi menguasai sebuah materi baru yang sedang ingin saya pelajari.

Karena bagi saya, Belajar Bahasa Jepang itu Asik dan Menyenangkan.

Untuk menemukan kesenangan dan rasa suka ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat budaya negara dan bahasa tersebut.

Misalkan bahasa Jepang, saya lihat dan pelajari budaya Jepang, dan dalam budaya itu ada hal yang membuat saya suka, mulailah saya belajar banyak hal tentang Jepang dan bahasa Jepang.

Kedua, Belajar Menjadi

Apa maksudnya belajar menjadi ?

Contohnya saja saya, saat saya belajar bahasa Jepang, saya akan merasa “Menjadi orang Jepang” dan berfikir seperti orang jepang. Kalau bahasa inggrisnya “Thinking in Japanese“.

Mengapa ini penting dilakukan ?

Sebenarnya manusia belajar bahasa yang pertama kali dari ibu atau keluarga, makanya bahasa utama yang kita kuasai disebut bahasa Ibu.

Kita belajar bahasa dari ibu kita adalah dengan cara langsung meniru ibu kita dan menerapkan dalam keseharian, bukan dengan cara translate hehe. Begini ilustrasi sederhana nya.

Belajar Bahasa Jepang Biasa
via bahasajepang.web.id

Berikut adalah cara belajar bahasa Jepang dengan cara yang biasa dilakukan. Menemukan kata dari bahasa kita lalu ditranslate ke bahasa yang kita pelajari.

Belajar Bahasa Jepang Thinking in Japanese
via bahasajepang.web.id

Belajar bahasa Jepang dengan Thinking in Japanese, prosesnya lebih cepat dan singkat.

Dengan belajar Manjadi, maka Anda akan berkali kali lipat lebih cepat dibandingkan cara normal yang biasa dilakukan.

Ketiga, Bicara dengan Diri Sendiri

Jika tahap kedua sudah Anda lakukan, maka tahap ketiga ini akan sangat mudah Anda lakukan.

Setelah berfikir menjadi, maka langkah selanjutnya adalah bicara dengan diri sendiri atau bergumam menggunakan bahasa yang sedang Anda pelajari.

Saya melakukan ini sejak awal belajar bahasa Jepang, sampai pada akhirnya sekarang sudah menjadi terbiasa.

Bergumam ini sangat berguna, agar otak kita terbiasa dengan bahasa yang sedang kita pelajari, dan terbiasa menyusun kata tanpa menerjemahkan terlebih dahulu, sehingga proses pengolahan kata menjadi lebih cepat.

Selain itu, ini juga akan melatih skill Speaking Anda menjadi lebih lancar daripada biasanya.

Keempat, Banyak Nonton Film

Teknik ke empat ini adalah metode terbaik (menurut saya) untuk belajar Listening. Karena dengan banyak menonton film yang berbahasa asing yang sedang kita pelajari, maka kemampuan kita dalam mendengar obrolan dan menangkap maknanya akan lebih baik.

Apalagi problem kebanyakan kita biasanya tidak bisa menangkap maksud native speakers, dikarenakan terlalu cepat dan cara bicara yang berbeda.

Saya juga sampai sekarang masih sering nonton anime dan dorama berbahasa Jepang, dan sekarang bisa menonton dan menangkap maksud dalam film bahkan tanpa subtitle Indonesia.

Kelima, Biasakan Menulis

Nah yang kemila ini sangat berguna untuk mempertajam kemampuan Writing dan Reading, disini yang saya maksud bukan mengetik ya, tapi menulis di kertas.

Dengan menulis secara manual akan membuat otak kita lebih terasah, apalagi kalau yang Anda pelajari adalah bahasa yang menggunakan huruf non Alfabet.

Seperti halnya saya, sering sekali menulis dengan huruf hiragana, katakana dan kanji. Agar makin terbiasa dalam menulis dan membacanya. Mengingat jumlah huruf kanji sangatlah banyak.

Keenam, Disiplin

Disiplin dalam belajar dan pantang menyerah adalah mental yang sangat penting dibangun.

Tidak perlu takut salah, karena dalam proses belajar bahasa, salah merupakan hal yang wajar, tidak perlu malu dengan kesalahan.

Saya bahkan pernah salah menyampaikan maksud ke orang Jepang. “Saya ingin ke Jepang” namun yang saya sampaikan adalah “Saya ingin Jepang datang kepada saya” haha 😀

Tapi saat itu orangnya langsung mengoreksi kesalahan saya dan saya bisa belajar dari situ.

Nah disiplin ini juga bergantung kepada diri kita, makanya sangat penting suka terhadap bahasa yang kita pelajari, seperti pada poin satu.

Sekian dari saya, semoga Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Lebih Cepat ini bermanfaat untuk Anda.

Sampai jumpa di artikel KISEKI selanjutnya 🙂